Cari Blog Ini

Senin, 25 Maret 2019

Seni Mencintai Diri Sendiri Dan Pesan Moral 'Love Your Self' BTS


Beberapa waktu yang lalu boy band junjungan ARMY membuat project besar. Boy band dengan tujuh personil ganteng ini menelurkan tiga album yang sekaligus membuat BTS didapuk sebagai ambasador UNICEF dalam kampanye #ENDViolence.

Boy band asal Korea Selatan, ini digandrungi dedek emesh sampai beberapa mahmud. Berbeda dari boy band pada umumnya, Jungkook cs ini berasal dari agensi kecil, misqueen dan sering diremehkan. Namun hal ini justru menjadi nilai lebih BTS untuk semakin dicintai oleh penggemarnya dan juga, hm! Aku tentunya.
Gak cuma wajah tamvan V dan Jin, serta Abs Jungkook dan Jimin yang bikin aku euforia dan teriak uwuwu, perjalanan karir serta pesan dari musik mereka yang daebak itu berhasil membuatku menjadi fangir dan lebih mencintai diri sendiri nih. Memantul deh Oppa!


Pesan-pesan dalam lagu serta sikap rendah hati para membernya membuatku teriak-teriak menjadi ARMY halu dengan minta dinikahi Suga cs (Suga, I will sue you!!!). Namjoon cs ini berhasil merebut hatiku sekaligus ampelanya benar-benar gak tahu diri. Semenjak bertemu BTS aku mendapat pencerahan, epiphany mungkin atau barangkali serendipity, my lov!

Aku sempat menitikkan air mata saat mendengar lagu dari Mas Worldwide Handsome Jin, Epiphany-nya yang super menyindir membuat aku sadar bahwa selama ini alasan aku menjomblo dan sering tidak dihargai orang lain, yha karena gak mencintai diri sendiri dan menghargainya seperti aku yang mencintai dan menghargai gebetanku dulu itu. Mamam tuh minder dan rendah diri!!!!!!!!!!!!!!

I’m the one I should love in this world~

Gaes-gaesku yang budiman! Seagai generasi millenials which is hidupnya ditempa dengan teknologi, serta diinvansi dengan target kedunyan yang sering bikin hati gundah gulana dan pengen menggandakan uang. Hati dan pikiran pasti sering dibuat gelisah dan iri dengan gaya hits, mewah, nan hedon selebgram karena uang endorse.
Jujur sih, aku sendiri sering merasa insecure, dan tentunya envy juga dong! Aku juga sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Aku kadang rakus, pengen jadi nomer satu, terbaik dari yang lainnya. Aku kadang gila kompetisi dan persaingan yang justru membuat diri sendiri letih.


Lewat lagu “Magic Shop” dan gaya swag Suga beserta gerombolan Bangtan Seonyondan aku dibuat berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bisa dibayangin gak sih kalo kamu curhat, “Pengen deh kayak si Anu yang bla-bla, tapi sayangnya aku bla-bla” terus Suga dengan swag bilang:

“Udah gak usah banding-bangin diri sendiri sama orang lain, just be yourself. Love yourself my sweety girl!”
Hm, kurang halu gimana lagi coba~

So I was Impatience and always restless
Comparing My self with others became my daily life.

Aku sering memacu diri saya memenuhi standart unrealistic, kedunyan dan dengan ambisius tergerak memenuhi ekspetasi-ekspetasi lingkungan serta tuntutan sosial. Mulai dari orang tua bahkan sampai omongan-omongan teman-teman dan tetangga sekitar. Ketika mengejar target kedunyan, saya merasa seperti makan kuwaci, gak kenyang-kenyang!!!!!! Banyak dari kita yang akhirnya mengorbankan mimpi dan menyogok sana sini cuma buat jadi PNS hanya agar dihormati tetangga dan sekitarnya, healah!! Ini bukan berarti aku gak suka sama PNS loh ya!1


Part J-Hope dalam lagu “Paradise” mungkin akan sedikit mengilhami fellas tukang sambatku untuk bangun dari mimpi-mimpi semu orang lain yang suka bikin quarter life crisis semakin krisis, dan cemas-cemas tidak jelas.

The world doesn”t have the right to swear
What is the way to dream a dream
Since they never taught us that
In the made up dream, sleep-talk of tears
Waking up from nightmare, for you

BTS membuat aku sedikit berpikir, kembali mempertanyakan dengan benar keinginan serta mimpiku sendiri, supaya nantinya aku gak masuk kaum yang menghancukan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain. Hasemeleh-hasemeleh!!!


Aku dulu pernah sedikit membenci diri sendiri dan sering meratapi kesalahan di masa lalu, “Kenapa sih dulu aku gini? Kenapa aku gak begitu?” Dan kenawhy-kenawhy lainnya yang mengerucut pada membenci diri sendiri. Aku gak bisa berdamai dengan luka dan pengalaman buruk di masa lalu, padahal aku sedikit sadar bahwa masa lalu mungkin sedikit banyak membentuk diriku dimasa sekarang.

Namun lagi-lagi dengan sedikit lembut BTS menyentil nih dalam lagu “Answer : Love Myself”,

Even all the scars from your mistakes make up your contellation~

Tahun 2017 kemarin merupakan tahun berat dalam fase kehidupanku nih, pikiran negatif seperti merasa kurang berbakat, terus bored dan letih ketika mengejar salah satu mimpi muncul, aku sempat berhenti beberapa waktu, cemas bengong gak jelas gitu, Gaes. Sampai akhirnya BTS mengeluarkan album trilogi pertama Love Yourself : Her. Satu lagu dalam album ini menjadi moodbooster dan penggerak nih. Ajaib!!!!! benar-benar ajaib. Lebih ajaib dari kekuatan Kanjeng Dimas mengeluarkan soto ayam loh.

Ketika mendengar lagu “Sea”, lagu ini menyadarkan saya bahwa BTS, boy band besar itu juga pernah merasakan apa yang aku rasakan, namun kini mereka bisa melalui segala hardship dan menjadi seperti sekarang. Mereka saja bisa, kenapa saya tidak?

Ya aku tentu tidak benar-benar tahu bagaimana kehidupan kalian gaes-gaesku yang benar-benar berharga. Mungkin selama ini ada beberapa diantara kita merasa menjadi orang rendahan, lemah, dan tidak memiliki arti apa-apa, tapi satu hal yang harus kamu tahu, saat kamu tidak mencintai diri sendiri, kamu tidak akan pernah bisa dicintai oleh orang lain. Saat kamu tidak mau ngomong apa yang kamu inginkan, mungkin orang disekitarmu tidak akan pernah tahu apa yang kamu inginkan. Saat kamu terus menyalahkan diri sendiri kamu tidak akan pernah maju-maju. Saat kamu berhenti percaya pada mimpimu, saat itu juga kamu kalah, Gaes!!


Mengutip pidato RM a.k.a Namjoon dalam acara UNICEF yang mungkin perlu kamu resapi :

“I’ve made many and plenty mistakes in my life. I have many faults and I have many more fears, but I’m going to embrace myself as hard as I can and starting to love myself, gradually, just little by little”

Salam Super!!! Selamat jatuh cinta dengan diri kita masing-masing!!!

P.S.
Kalo ada typo sana-sini, nanti aku edit kalo udah ada laptop. Ini ngetik pake hape :"(((
Oh ya selamat tahun baru (telat banget yak?) Ini post pertama di tahun 2019, pengen menangisi ketidak produktifanku mengelola blog ini huhu :"(((

1 komentar: